banner
banner CN
Kunjungi Blog Baru Kami di PROZONAS.COM

Kamis, 04 Agustus 2011

Home » » Modifikasi Template dengan Bantuan Google Chrome

Modifikasi Template dengan Bantuan Google Chrome

بسم الله الرحمن الرحيم

Assalammu'alaikum Wr.Wb.

Masih berhubungan browser buatan Google yaitu Google Chrome, sebelumnya jika Sobat belum menggunakan browser chrome silakan download Chrome install offline atau Chrome install online.

Seperti yang telah saya jelaskan pada posting sebelumnya, bahwa Chrome memiliki fitur pemeriksaan elemen untuk menganalisa sebuah blog atau website. Fitur ini dapat digunakan untuk mempermudah dalam memodifikasi template blog. Bagaimana caranya? Cukup sederhana, silakan ikuti langkah-langkah berikut sebagai contoh saja.


  1. Download dan install Google Chrome di PC atau laptop Sobat.
  2. Buka Browser Chrome, kemudian masukkan alamat blog Sobat. Contoh : oog-4u.blogspot.com
  3. Selanjutnya mengaktifkan fitur pemeriksaan elemen. Klik kanan dan pilih periksa elemen pada elemen yang akan Sobat rubah. Contoh Sobat akan merubah/modifikasi dibagian sidebar, maka klik kanan pada bagian sidebar dan klik periksa elemen. Maka akan muncul menu seperti di bawah ini.


  4. Selanjutnya ke sesi memeriksa kode elemen. Arahkan kursor pada daftar kode (samping kanan), maka akan terlihat tanda cek pada setiap kode, jika salah satu tanda centang dihilangkan maka akan terjadi perubahan pada template Sobat. (lihat gambar).

    Sebelum tanda centang dihilangkan


    Setelah tanda centang dihilangkan


    Selain itu Sobat dapat memeriksa kode yang rusak atau kode ganda yang tidak berguna.
  5. Selanjutnya masuk ke akun blogger, Rancangan > Edit HTML. Lakukan perubahan pada kode template yang di inginkan dari hasil pemeriksaan menggunakan Chrome. Disini dibutuhkan sedikit pengetahuan tentang kode CSS, tidak usah takut untuk melakukan eksperimen pada template, namun sebaiknya amankan template Sobat terlebih dahulu dengan "Download Template Lengkap".
Dengan menggunakan Google Chrome memang terasa lebih mudah untuk melakukan modifikasi template. Namun kembali lagi pada diri Sobat masing-masing, lebih suka dengan bantuan atau langsung terjun ke Edit HTML. ^^

Sekian cara Modifikasi Template dengan Bantuan Google Chrome

Semoga bermanfaat...

Wassalammu'laikum Wr.Wb.

Klik Tombol "SKIP AD" (setelah 5 detik) Untuk Link Download yang Menggunakan Fasilitas AdF.ly
Kamis, 04 Agustus 2011 | |

Recomended Post

Berikan Kritik, Saran atau Tanggapan melalui Komentar Sobat

 

Saling Follow Sobat

Blog Directories

W3 Directory - the World Wide Web Directory



© Copyright 2010. Catatan Ngeblog . All rights reserved | Powered by Blogger.com | Template by zoomtemplate.com - Modified by Catatan Ngeblog
Al Qur'an