banner
banner CN
Kunjungi Blog Baru Kami di PROZONAS.COM

Minggu, 03 Juli 2011

Home » , » Tips Membuat Posting Itu Mudah ?

Tips Membuat Posting Itu Mudah ?

بسم الله الرحمن الرحيم


Membuat posting atau artikel dalam sebuah blog adalah kewajiban utama bagi seorang blogger. Namun sebuah keraguan kadang muncul, bagaimana membuat artikel yang mudah? Pertanyaan ini seringkali muncul, terutama bagi seorang blogger pemula.

Benarkah membuat posting adalah hal yang mudah? Bagi yang sudah terbiasa pastilah mudah, namun bagaimana bagi seorang pemula. Berikut beberapa tips ala Catatan Ngeblog.

Berniatlah

Hal yang utama, seperti halnya beribadah. Kita yakin dengan kita berniat, kita akan mendapatkan hal yang baik (amal) dalam beribadah. Begitu pula saat kita membuat artikel atau posting. Berniatlah dan yakin bahwa apa yang Sobat tulis akan menghasilkan posting yang baik dan bermanfaat.

Menciptakan / Mencari Ide Posting

Jika ada ide yang ingin Sobat tuangkan dalam artikel blog, segeralah mulai untuk menulis, jangan menunda-nunda untuk menuangkannya dalam posting blog hingga ide tersebut lenyap. Jika Sobat belum sempat untuk menulis dalam blog, Sobat dapat membuatnya dalam sebuah buku sebagai arsip untuk membuat posting blog.

Bagaimana jika ide tidak muncul-muncul? Cara yang paling mudah adalah mencari ide dari media lain atau blog lain. Dan mulailah untuk mengembangkannya sendiri.

Jangan Biasakan Copas Posting Blog Lain

Meng-copy paste posting blog orang lain adalah kegiatan yang buruk bagi seorang blogger. Selain menghambat Sobat untuk mengembangkan kemampuan dalam membuat posting, juga dapat membuat Sobat dicap Plagiat blog (blogger copy-paste). Apalagi jika sang pembuat posting tidak terima dan posting tersebut memiliki hak cipta, bisa-bisa dituntut secara hukum.

Buatlah posting dengan kata-kata sendiri walau ide posting berasal dari blog lain, ini sangat dianjurkan dan lebih baik dari pada Copas.

Menulislah Seperti Air Mengalir

Ketika dalam proses pembuatan artikel/posting, tulislah artikel tersebut sesuai apa yang Sobat pikirkan jangan mengedit posting sebelum posting itu selesai. Biarkan ide tersebut mengalir apa adanya. Dan ketika posting selasai dibuat, Sobat dapat memperbaiki kata-kata yang mungkin kurang cocok.

Jangan Berfikir Posting Sobat Jelek

Kadang ketika posting selesai dibuat, kita berfikir lagi. Postingnya kok nggak bagus ya? Janganlah berfikir seperti itu, biarlah sang pembaca yang menilai posting kita. Jika mereka berkata bahwa posting Sobat kurang baik, ini dapat dijadikan koreksi bagi perkembangan posting Sobat agar lebih baik. Dan ketika mereka berkata posting Sobat bagus, jadikan ini sebagai penyemangat Sobat untuk terus berkarya.

Belajarlah Dari Orang lain

Ketika Sobat sedang melakukan Blogwalking (jalan-jalan di blog lain) janganlah membaca posting terlalu cepat, bacalah dengan kecepatan yang normal dan pelajari bagaimana cara penulisan posting tersebut, kalau bisa pelajari ciri khas yang membuat posting itu menarik (mencari ilmu dengan taktik gerilya ^^)

Teruslah Menulis

Jika pisau yang tajam sekalipun dapat tumpul bila tidak pernah diasah, begitu pula dengan kemampuan Sobat dalam menulis artikel. Seorang berhasil bukan karena ia mempunyai bakat semata, namun karena ia terus berlatih dan berlatih. Dan jangan berfikir Sobat tidak mempunyai bakat menulis, bakat dapat muncul karena proses latihan tersebut. Jadi janganlah berhenti menulis, semua butuh proses ^^.

Dengan cara diatas Sobat akan mampu mengembangkan diri Sobat untuk lebih baik (dalam menulis posting). Insya Allah... ^^

Tips diatas adalah pemikiran saya pribadi, mungkin berbeda dengan apa yang Sobat jadikan landasan dalam membuat posting yang lebih mudah. ^^

Semoga Bermanfaat...

Klik Tombol "SKIP AD" (setelah 5 detik) Untuk Link Download yang Menggunakan Fasilitas AdF.ly
Minggu, 03 Juli 2011 | |

Recomended Post

Berikan Kritik, Saran atau Tanggapan melalui Komentar Sobat

 

Saling Follow Sobat

Blog Directories

W3 Directory - the World Wide Web Directory



© Copyright 2010. Catatan Ngeblog . All rights reserved | Powered by Blogger.com | Template by zoomtemplate.com - Modified by Catatan Ngeblog
Al Qur'an