banner
banner CN
Kunjungi Blog Baru Kami di PROZONAS.COM

Rabu, 05 Januari 2011

Home » , » Kebiasaan Sehari-hari yang Dapat Merusak Otak Kita

Kebiasaan Sehari-hari yang Dapat Merusak Otak Kita

بسم الله الرحمن الرحيم

Manusia adalah makhluk paling sempurna diantara makhluk yang lain, karena manusia juga di Anugrahi dengan pikiran dan perasaan. Manusia diciptakan dengan tingkat kerumitan yang sangat tinggi, salah satu bagian tubuh yang sangat penting dan berfungsi sebagai pusat sistem saraf yaitu Otak.

Otak mengatur dan mengkordinir sebagian besar, gerakan, perilaku dan fungsi tubuh homeostasis seperti detak jantung, tekanan darah, keseimbangan cairan tubuh dan suhu tubuh. Otak juga bertanggung jawab atas fungsi seperti pengenalan, emosi. ingatan, pembelajaran motorik dan segala bentuk pembelajaran lainnya.

Namun pernahkah Anda berpikir jika Otak pun dapat mengalami kerusakan? Bukan hanya karena kecelakaan yang secara langsung dapat mengganggu kerja Otak, namun kebiasaan-kebiasaan yang buruk pun dapat menimbulkan kerusakan pada Otak, walaupun tidak secara langsung, namun dalam jangka waktu tertentu.

Berikut ini adalah rangkuman tentang kebiasaan sehari-hari yang secara tidak langsung dapat merusak Otak kita. Setelah membaca artikel ini hendaknya kita lebih bisa menjaga kesehatan otak kita.
  1. Tidak Sarapan Pagi
    Mereka yang tidak menyempatkan untuk sarapan pagi memilki kadar gula yang rendah yang mengakibatkan berkurangnya suplai nutrisi ke otak. Kebiasaan ini juga membuat otak kelelahan pada saat berpikir keras.
  2. Makan Terlalu Banyak
    Jika Anda terlalau banyak makan, apalagi yang memiliki kadarlemak yang tinggi. Dapat mengakibatkan pembuluh darah otak mengeras karena penimbunan lemak pada dinding dalam pembuluh darah. Hal ini mengakibatkan kemampuan kinerja otak menurun.
  3. Merokok
    Kebiasaan merokok memang sulit dihentikan dalam waktu yang singkat, kecuali bagi mereka yang memiliki keinginan yang kuat untuk berhenti merokok. Zat dalam rokok yang terhisap akan mengakibatkan penyusutan otak secara cepat serat dapat mengakibatkan penyakit Alzheimer, merupakan sejenis sindrom dengan apoptosis sel-sel otak pada saat yang hampir bersamaan, sehingga otak tampak mengerut dan mengecil.
    Ingin melanjutkan Merokok?
  4. Mengonsumsi Gula Terlalu Banyak
    Mengonsumsi gula yang terlalau banyak akan menyebabkan terganggunya proses penyerapan protein dan nutrisa sehingga terjadi ketidakseimbangan gizi yang akan mengganggu perkembangan otak.
  5. Polusi Udara
    Otak merupakan konsumen oksigen terbesar dalam tubuh manusia. Menghirup udara yang berpolusi dapat menurunkan suplai oksigen ke otak sehingga dapat menurunkan efisiensi otak.
  6. Kurang Tidur
    Sama halnya dengan anggota tubuh yang lain, Otak juga perlu tidur untuk beristirahat dan memulihkan kemampuannya. Kurang tidur dalam jangka waktu yang lama akan mempercepat kerusakkan sel otak.
    Jadi kurangilah waktu begadang.
  7. Menutup Kepala Saat Tidur
    Kebiasaan ini memang kadang kita lakukan tanpa kita sadari, apalagi jika sudah menjadi kebiasaaan. Kebiasaan tidur dengan menutup kepala meningkatkan konsentrasi zat karbondioksida dan menurunkan konsentrasi oksigen yang dapat menimbulkan efek kerusakan pada otak.
  8. Berpikir Keras Saat Sakit
    Memaksakan pikiran saat sakit dapat menyebabkan berkurangnya efektivitas otak serta dapat merusak otak.
  9. Kurang Menstimulasi Pikiran
    Jika Anda sering berpikir sebenarnya Anda juga telah melatih otak kita. Kurang stimulasi pada otak dapat menyebabkan mengkerutnya otak kita.
  10. Jarang Berkomunikasi
    Komunikasi diperlukan sebagai asalah satu sarana memacu kemampuan kerja otak kita. Berkomunikasi secara intelektual dapat memicu efisiensi otak. Jarang berkomunikasi akan menyebabkan kemampuan intelektual otak jadi kurang terlatih.
Itulah 10 kebiasaan buruk yang dapat merusak otak. Semoga Bermanfaat...

by ooG_4u
Klik Tombol "SKIP AD" (setelah 5 detik) Untuk Link Download yang Menggunakan Fasilitas AdF.ly
Rabu, 05 Januari 2011 | |

Recomended Post

Berikan Kritik, Saran atau Tanggapan melalui Komentar Sobat

 

Saling Follow Sobat

Blog Directories

W3 Directory - the World Wide Web Directory



© Copyright 2010. Catatan Ngeblog . All rights reserved | Powered by Blogger.com | Template by zoomtemplate.com - Modified by Catatan Ngeblog
Al Qur'an